Festival Tumbilatohe, Pantai Wisata Bolihutuo Akan Dihiasi Sejuta Lampu

Festival Tumbilatohe, Pantai Wisata Bolihutuo Akan Dihiasi Sejuta Lampu

Laporan : Zulkarnain Hunowu, Editor : Ardan

Boalemo (BN) – Meskipun sempat terkabarkan tradisi Gorontalo Tumbilatohe akan dilaksakan pasca bulan suci ramadhan. Namun hal ini tidak mengurungkan niatan Bupati Boalemo Darwis Moridu untuk menggelar Fesitifal Tumbilatohe di Kabupaten Boalemo.

Gelaran Festival Tombilotohe (Pasang Lampu) kali ini, didahuli dengan pengecekan lokasi kegiatan  oleh Bupati Boalemo darwis bersama jajarannya di Obyek Wista Pantai Bolihutuo.

Kepada Awak Media Darwis Moridu menyampaikan, bahwa Festival Tombilotohe di Kabupaten Boalemo tetap akan dilaksanakan sebagaimana tradisi sebelumnya.

“Kami dari Pemerintah Boalemo tetap akan melaksanakan festival Tombilotohe sebagaimana tahun-tahun sebelumnya, bahkan untuk tahun ini tetap kami akan seriusi dan kami yakin akan mendapatkan juara 1 untuk ketiga kalinya.” Terang Darwis Optimis.

Darwis menambahkan dirinya ditemani oleh beberapa Kepala SOPD Boalemo telah meninjau lokasi pelaksanaan festival Tombilotohe yang telah diputuskan dilaksanakan di lokasi Wisata Pantai Bolihutuo Kecamatan Botumoito.

Darwis menghimbau seluruh SKPD agar menseriusi pelaksnaan  gelaran tradisi Gorontalo itu.

“ Jadi kami tadi (12/05) telah meninjau lokasi yang rencana tempat pelaksanaan festival tombilotohe kali ini. Bahkan saya sudah meminta seluruh SKPD untuk menseriusi kegiatan ini dengan menghiasi lampu tradisonal sebanyak 1 juta lampu di beberapa titik yang ada dilokasi pantai, disamping itu nanti dilaut juga kami akan menghiasi kapal-kapal yang akan melaksanakan parade di pantai bolihutuo yang sebelumnya telah kami ikutkan dalam festival, Tutup Bupati Darwis.

 

Sumber : https://www.boalemonews.id